Rabu, 10 Februari 2010

Efusi Pleura

Efusi Pleura merenggut temanku...


Ini berawal dari seorang teman saya. Saat saya ke rumahnya dia sedang meringkuk kesakitan menahan perutnya. cukup terhenyak hati saya ketika melihat sahabat saya ini....
Walaupun dia sudah tiada, saya harap bisa berbagi pengalaman dengan teman-teman sehingga bisa mengetahui apa sebenarnya penyakit yang bernama efusi pleura itu dan bisa mencegahnya bila terdapat tanda-tanda.

Nita, teman saya, mengeluh sakit perut dan selalu muntah-muntah tanpa sebab. Saat ditanya, dia berkata mungkin karena maag dan kecapekan. saya juga tidak menyangka akan seperti ini jadinya.

Saat itu dia mulai demam tinggi, menggigil, dan sakit perut. Tapi, yang saya salut dari dia, dia cukup berani dan selalu semangat walaupun dia sedang sakit. Setelah itu dia saya antar ke dokter. Diketahui bahwa ia menderita types akut...
Tapi, setelah 3 hari types juga tak kunjung sembuh, malah keadaannya semakin mengkhawatirkan. Hari keempat setelah pemeriksaan, dia ditransfer ke rumah sakit tempat kakaknya bekerja karena memandang biaya yang dikeluarkan sangat besar bila ia berada di rumah sakit lain.

Tiba di rumah sakit tempat kakaknya bekerja, ia langsung dibawa ke dokter spesialis paru-paru karena kakaknya punya feeling yang kuat kalau dia menderita paru-paru. Ternyata benar. Keesokan harinya mulai diadakan penyedotan cairan dari bawah tulang iga.
Penyedotan cairan itu sakitnya tiada terkira..... Setelah proses penyedotan, ia terbaring lemah tak berdaya.... Betapa kasihannya sahabatku tersebut. Setiap hari ia harus berjemur di bawah teriknya matahari demi kesembuhan. Diselingi dengan obat yang tiap hari diminum selama setengah tahun....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar